Macam Macam Karakter Rezeki dan Cara Maraihnya


YPAI – Allah SWT memberikan banyak macam karakter Rezeki. Dikutip dari buku Mempercepat Datangnya Rezeki Dengan Ibadah Ringan karangan Mukhlis Allyudin, Enjang:

1. Rezeki yang tanpa diminta dan tanpa diusahakan telah diberikan Allah kepada hambanya. Seperti udara yang kits hirup setiap hari. Inilah rezeki yang kita peroleh tanpa harus berusaha.

Menurut para ulama, jika dilihat dari cara memperolehnya, rezeki macam ini disebut sebagai rezeki yang dijamin. Rezeki ini diberikan kepada seluruh makhlukNya, tanpa melihat apa agamanya.

2. Rezeki yg didapat dengan ikhtiar atau berusaha atau bekerja. Allah telah memberikan Rezeki yang sebagai modal untuk memetik rezeki. Seperti udara, akal, tenaga, fisik dan sebagainya.

Para ulama menyebut rezeki ini sebagai rezeki yang digantungkan. Karena jenis ini hanya bisa didapatkan apabila dijemput dengan cara memaksimalkan ikhtiar/ usaha.

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, tidak ada yang dapat menolaknya, dan sekali-sekali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS Al-Ra’d {13}:11).

3. Rezeki yang diberikan Allah SWT tidak disangka-sangka. Allah SWT juga akan memberikan rezekiNya kepada mereka yang sungguh-sungguh bekerja keras dalam meraih rezeki. Namun dalam hal ini Allah hanya memilih orang-orang tertentu, termasuk di dalamnya adalah mereka yang orientasi hidupnya meraih Ridho Allah.

“Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS Al-Thalaq {65}:3).

Rezeki ini disebutkan, sebagai rezeki yang dijanjikan Allah, rezeki yang pasti Allah SWT berikan kepada hamba-hambaNya, ketika mereka melakukan amalan-amalan tertentu. Misalnya, gemar bersedekah, selalu berdoa berbuat kebajikan, selalu beprasangka baik kepada Allah maupun kepada manusia, rajin sholat fardhu maupun sunnah seperti tahajud, dhuha dll, sering silaturahmi dan sebagainya.

Allah SWT berfirman,
” Sesungguhnya beruntunglah orang yang beriman yaitu orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya, dan orang yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna” ( QS.Al- Mu’minun: 1-2 ).

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga Ayah/Bunda/ Kakak dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahuwata’ala. Aamiin

Yayasan Para Aulia Indonesia mengajak Ayah/Bunda/ Kakak untuk menyisihkan Rizkinya, berbagi Sembako untuk Yatim & Dhuafa YPAI.

Allah SWT mengangkat amal perbuatan manusia, memberikan ampunan dan curahan kasih sayang.

Aktivitas2 di YPAI adalah Santunan Doa bersama Anak Yatim ( setiap Jum’at ), Santunan Door to Door, Santunan On The Road, Santunan PHBI dan Pembagian Nasi Kotak. Mengajarkan membaca Al-qur’an, Tahfiz Al Qur’an, serta Mengajarkan Matematika dan Bahasa Ingris bersama Yatim & Dhuafa.

Lihat aktifitas YPAI.
YouTube: YAYASAN PARA AULIA INDONESIA
FB: YAYASAN PARA AULIA INDONESIA
IG: ypai_foudation
Web : www.paraaulia.com

#BerbagiNasi/sembako@20.000/ @50.000
#TunaikanZakat,infaq,shodaqoh,wakafdiYPAIaja
#Berbagiitumembahagiakan
#BantuSaranaPrasaranaBelajar

Rek Donasi : a/n Yayasan Para Aulia Indonesia. ( YPAI )

* *Bank Mandiri:156-00-1550848-6*
* *Bank Syariah Indonesia*: 7174816411*
* *Bank BRI:1186.01.000322304*
* *Bank BNI :1184563895*
* *Bank BJB :0061114610100*

Konfirmasi. Telp (021) 82648989/ WA. 082125833065

www.paraaulia.com