Ini Cara Islami Hadapi Masalah atau Kesulitan


Foto2 Acara Santunan Akhir Tahun Sujud Syukur Jum’at 31/12/2021, ( Penyerahan tumpeng Oleh Ketua Yayasan Abang Zainudin,SE kpd Ustad Saefudin )

Ini Cara Islami Hadapi Masalah atau Kesulitan

1. Anda tidak sendirian (banyak yg lebih susah darimu).

2. Allah tidak mungkin menakdirkan sesuatu melainkan pasti ada hikmahnya.

3. Satu²nya Yang kuasa mendatangkan manfaat dan menolak madharat hanyalah Allah,karena itu jangan bergantung kecuali kepada Allah.

4. Apa yg telah ditetapkan utk Anda tidak akan meleset dari Anda dan apa yg tidak ditetapkan utk Anda tidak akan mengenai Anda.

5. Kenalilah hakikat dunia, pasti Anda tenang. (Ini dunia bukan surga, pasti tidak luput dari masalah, karena yg enak terus itu adanya hanya di surga dan yg tidak enak terus itu adanya di neraka)

6. Berprasangka baiklah kepada Rabb Anda, Allah tidak pernah membencimu apalagi meninggalkanmu.

7. Yang dipilihkan Allah utk Anda pasti lebih baik daripada pilihan Anda utk diri Anda sendiri.
(orang yg diuji masalah itu orang istimewa-Nya. Jika sabar maka Surga menanti)

Al-Qur’an, Surah Al-Baqarah ayat 155, Allah berfirman, “Dan sesungguhnya Kami memberikan cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”

8. Semakin sulit ujian berarti semakin dekat jalan keluar.

sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.
Al-Insyirah, Ayat 5

9. Jangan berfikir tentang bagaimana jalan keluar karena sesungguhnya Allah jika menghendaki sesuatu pasti menyiapkan solusinya, ada cara yang tidak terbayangkan (Taqwakan diri dan terus bertawakal)

10. Allah tidak akan membebani hamba kecuali menurut kemampuannya seperti yang difirmankan Allah dalam Q.S Al-Baqarah ayat 286

11. Selalu Bersedekah. Selain mampu mengatasi masalah berbagai, bahkan sedekah dapat mengubah takdir buruk seperti menolak bala. Sedekah juga mampu melancarkan rezeki seseorang. Bahkan Allah berfirman “Sesiapa yang disempitkan rezekinya (miskin) hendaklah menafkahkan sebagian rezekinya (sedekah)”. (QS. 65:7). Sangat jelas bahwa siapapun yang ingin hidupnya lapang atau dipermudah segala urusannya, maka amalkan sedekah rutin.

12. Jangan berhenti berdo’a kepada Dzat yang di TanganNya semua kunci jalan keluar.

Semoga kehidupan kita selalu dalam hidayah dan ridha-Nya.
  آمين يا رب العالمين

Paraaulia.com